Monday, May 28, 2012

Macam-Macam Sistem Operasi Android

Posted by Unknown at Monday, May 28, 2012
Android telah melakukan sejumlah update sejak dirilis pertama kali. Update ini dilakukan Google android untuk memperbaiki bug atau untuk menambah fitur baru. Dan biasanya setiap di lakukan update, sistem operasi android di berikan nama kode baru. Nama kode ini sesuai dengan urutan abjad, seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan versi terbaru yang akan rilis yaitu Ice Cream Sandwich.

Jadi apa perbedaan masing-masing versi dari Android OS tersebut?


1. Android Versi Beta
Android Versi Beta dirilis tanggal 5 November 2007.

2. Android Versi 1.0
Sistem operasi Android dimulai dengan merilis versi 1.0 pada tanggal 23 September 2008. Ponsel pertama yang menggunakan Android 1.0 adalah HTC G1 (Dream).
Fitur Android 1.0 antara lain:
- Gmail
- Google Talk
- Instant Messaging
- Media Player, dan masih banyak lagi.

3. Android Versi 1.1
Tidak ada codename untuk Android versi 1.1. Android versi 1.1 dirilis pada bulan Februari 2009.

4. Android Versi 1.5 (Cupcake)
Android Versi 1.5 (Cupcake) adalah rilis platform major pertama yang mulai didistribusikan untuk handset pada 30 April, 2009. Pembaruan ini menunjukkan bahwa OS harus ditanggapi dengan serius oleh komunitas pengembang.

Secara teknis Android 1.5 bukanlah versi pertama, tetapi versi sebelumnya yaitu versi 1.1 yang tidak memiliki nama. Kabarnya Android Cupcake seharusnya menjadi versi 1.2, namun Google memutuskan untuk merevisinya, dan memberinya nama "cupcake" sebagai code name, dan saat itulah seri pemberian Codename dimulai.

Asal mula nama cupcake berasal dari sebutan kue kecil, ukurannya hanya untuk porsi satu orang, dipanggang dalam cetakanberbentuk cangkir.

5. Android Versi 1.6 (Donut)
Pada bulan September 2009, Google merilis Android 1.6 (Donut) , yang berbasis Linux Kernel 2.6.29. Update tersebut dibarengi dengan Android Market baru.

Update ini memperbaiki kesalahan reboot pada Sistem Operasi serta perubahan fitur pada interface kamera dan integrasi pencarian yang lebih baik. Android Donut juga mendukung ukuran layar yang lebih besar, dan merupakan versi pertama yang menawarkan fitur navigasi Google turn-by-turn.

6. Android Versi 2.0 / 2.1 (Eclair)
Android 2.0 dirilis pada bulan Oktober 2009, dengan versi bugfix 2.0.1 pada bulan Desember 2009. Android 2.1 dirilis pada bulan Januari 2010. Kebanyakan orang menganggap google melakukan sekali update. Adapun fitur tambahan yang terdapat pada android eclair yaitu Bluetooth 2.1, mendukung multi-touch dan HTML 5, diperkenalkan pula versi dari Google Maps (3.1.2) bersamaan dengan update, serta peningkatan kelas MotionEvent. 

7. Android Versi 2.2 (Froyo)
Froyo sebenarnya merupakan kepanjangan dari "Frozen Yogurt", yang juga merupakan nama merek.Frozen Yogurt adalah sebuah makanan beku yang dibuat dari yogurt.
Andoid 2.2 (Froyo) membawa fitur baru yaitu Flash 10.1.

Nexus One merupakan Ponsel pertama yang akan menggunakan Sistem Operasi Android Froyo ini. Android 2.2 melakukan perbaikan pada peningkatan kecepatan dengan mengadopsi mesin kompiler Javascript just-in-time(JIT) browser Google Chrome. 

8. Android Versi 2.3 (Gingerbread)
Dalam makanan pencuci mulut, Gingerbread merupakan Kue rasa jahe. Gingerbread sering dibuat untuk merayakan liburan akhir tahun di AS, dan sering dibuat dalam bentuk manusia.

9. Android Versi 3.0 (Honeycomb)
Berdasarkan kernel Linux 2.6.36. Pada tanggal 22 Februari 2011, Android 3.0 (Honeycomb) dirilis untuk tablet. Android Honeycomb hanya dirilis untuk sistem operasi tablet. Tablet pertama yang menggunakan sistem operasi android ini adalah Motorola Xoom yang dirilis pada 24 Februari 2011.

10. Android Versi 3.1 (Ice Cream Sandwich)
Android versi 3.1 akan di beri nama "Ice Cream Sandwich". Namun sejauh ini belum dikonfirmasi oleh Google.


Diolah dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

 

Sindhi Historia Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea